IPLT Kota Madiun segera Dibangun

Walikota Madiun, Maidi saat menghadiri bimtek pengelolaan IPLT di Hotel Aston.

KOTA MADIUN (DinasPUPR) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tahun ini akan membangun Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT). Untuk itu bimbingan teknis pembangunan dan pengelolaan IPLT digelar di Aston Hotel Madiun, dihadiri Walikota Madiun, Maidi, Senin (22/4).

Orang nomor satu di Kota Madiun ini mengatakan, pembangunan IPLT tahun ini ditargetkan bisa tuntas. Pun dana sudah tersedia.

“Ini sudah kita koneksikan dengan OPD lain, insya Allah tahun ini kita usahakan jadi,” katanya.

Untuk merealisasikannya, Pemkot Madiun telah melakukan studi tiru ke Pemkot Malang yang lebih dulu memiliki IPLT. Pun upaya tersebut patut ditiru di Kota Madiun.

“Karena disana sudah jadi, dan punya pengalaman bagus, maka kita yang baru mau mulai ini harus tahu,” bebernya.

Walikota Maidi tidak menampik, upaya pembangunan IPLT itu linier dengan predikat kota sehat yang disandang Kota Madiun. Bahkan Pemkot digelontor anggaran Rp11 Miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“DAK itu salah satunya kota sehat, nah salah satu syarat yang belum ada, ya ini (IPLT.red),” tambahnya.

Sementara itu Kepala DPUPR, Thariq Megah menjelaskan, proyek tersebut akan dibangun di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo di Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo atau kawasan Ring Road.
Lokasi itu dipilih karena pertimbangan akses jalan yang mudah dan jauh dari permukiman warga.

“Kalau disana kan tidak mengganggu dan jauh dari pemukiman warga,” jelasnya.

Lahan yang digunakan rencananya seluas 3.895 meter persegi. Sementara anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunan IPLT tersebut mencapai Rp11,8 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). (*)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *