DPUPR Libatkan BPBD Lakukan Penyisiran dan Pembersihan Saluran Air

Petugas DPUPR dan BPBD melakukan penyisiran dan pembersihan sampah di saluran air untuk mengantisipasi genangan air di musim penghujan.

KOTA MADIUN (DinasPUPR) – Petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun bersama BPBD melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi masalah genangan air di wilayah kota. Salah satunya dengan menyisir dan membersihkan saluran air.

Pekan lalu, petugas DPUPR dan BPBD membersihkan saluran Gayam dan sekitarnya. Sebab setelah dilakukan penyisiran, petugas menemukan banyak sampah yang menumpuk, sehingga membuat saluran air tidak lancar.

Dampaknya, saat musim penghujan tiba, air di saluran Gayam kerap meluber hingga ke jalan. Tak ingin kejadian itu terulang Kembali, petugas akan terus menyisir saluran air di lokasi lain, agar aliran air lancar.

“Ternyata di seluran Sendang Gayam sampai Jalan Sulawesi kami temukan banyak sampah sehingga membuat aliran air tersumbat,” kata Kepala DPUPR, Thariq Megah, Selasa (23/1).

Menurut Thariq, sampah rumah tangga yang ditemukan petugas cukup bervariatif. Disamping pembersihan pihaknya juga melakukan perapian kabel. Menurutnya, ada sejumlah kabel yang bisa menghambat aliran saat terkena sampah.

‘’Terbanyak sampah rumah tangga. Tadi kita juga melakukan perapian kabel yang berada di jalur bawah. Kita khawatir akan menjadi tempat berhentinya sampah kalau tidak dirapikan,’’ tandasnya. (*)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *