Pembangunan Menara Masjid Kuncen On Schedule

Pembangunan menara Masjid Kuncen mengalami surplus.

KOTA MADIUN (DinasPUPR) – Pembangunan menara Masjid Nur Hidayatulloh Kuncen atau masjid Kuncen di Kota Madiun mengalami surplus. Saat ini progresnya mencapai 12,9 persen.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun Sulistya Pambudi mengatakan, hingga pekan ini pengerjaan bangunan menara surplus 5,6 persen dari yang ditargetkan 7,2 persen. Melihat capaian itu, ia optimis, pengerjaan menara dapat selesai tepat waktu.


“Bahkan, bisa lebih cepat dari jadwal seandainya progres terus mengalami percepatan,” ujarnya, Jum’at (1/9).

Pembangunan menara Masjid Kuncen Kota Madiun terus dikebut.


Uut sapaan akrab Sulistya Pambudi menuturkan, pembangunan menara tidak meninggalkan konsep kuno seperti yang masih melekat di Masjid Kuncen. Bahkan, desain menara sengaja melibatkan ahli dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan.


Ini mengingat Masjid Kuncen masuk benda cagar budaya. Saat ini, progres pembangunan menara telah menyentuh fondasi footplat dengan luas 100 meter persegi.

Kemudian, struktur lantai bawah dibangun seluas 36 meter persegi. Tidak hanya itu badan menara juga akan dibangun dengan struktur beton dengan ketinggian sekitar 18 meter. Untuk finishing-nya, menggunakan bata terakota.


“Anggaran pembangunan menaranya sekitar Rp1,3 Miliar,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *