DPUPR Turunkan Alat dan Personel Antisipasi Genangan Air

DPUPR menerjunkan alat berat dan personel untuk mengantisipasi genangan air.

KOTA MADIUN (DinasPUPR) – Petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun bergerak cepat setelah adanya genangan air di beberapa lokasi Kota Madiun akibat diguyur hujan pada Kamis (27/4) sore. Genangan pun tidak berlangsung lama, setelah petugas melakukan berbagai upaya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) DPUPR Kota Madiun, Suyanto mengatakan, genangan air itu berawal meluapnya air sungai di gang Sendang Barat, Kelurahan/Kecamatan Kartoharjo. Hulunya mulai dari belakang Pasar Besar Madiun dan hilirnya ke pintu air Jalan Pandan.

Luapan itu disebabkan karena adanya bangunan penutup saluran yang dibangun warga di gang Sendang ambrol. Dampaknya menutup aliran yang mengakibatkan terjadinya genangan air. Kondisi itu diperparah dengan tingginya curah hujan di Kota Madiun.

“Genangan air itu sebenarnya tidak lama, beberapa menit saja sudah surut atau hilang. Dan penangananya tadi pagi saya turun ke lapangan, saya turunkan excavator sehingga untuk kedepannya ketika curah hujan tinggi tidak ada gangguan lagi,” ujarnya, Jum’at (28/4).

Suyanto menjelaskan, untuk mengantisipasi hal serupa, pihaknya telah menyiagakan sejumlah peralatan dan personel untuk rutin memantau kondisi di lapangan. Tidak hanya itu, ia juga meminta warga untuk tidak membuang sampah di saluran agar aliran air lancar. (*)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *