Proyek Revitalisasi Trotoar Kawasan Masjid Kuncen Ditarget Tuntas Agustus

Dikebut : Petugas sedang menyelesaikan pekerjaan proyek revitalisasi trtoar di kawasan Masjid Kuno Kuncen.

KOTA MADIUN (DinasPUPR) – Proyek revitalisasi trotoar di kawasan Masjid Kuno Kuncen, Kota Madiun terus dikebut. Bahkan proyek tersebut ditargetkan tuntas pada Agustus mendatang atau dikerjakan 150 hari kalender.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun, Thariq Megah mengatakan, pekan ini pekerjaan yang sudah digali segera dikebut. Yakni, pengecoran dinding bak kontrol dan rabat lantai trotoar.

“Beberapa hari kedepan kan kita sudah memasuki cuti bersama lebaran, makanya pekerjannya kita kebut,” katanya, Kamis (13/4).

Kegiatan itu dilakukan agar ketika hari raya nanti tidak membahayakan pengguna jalan dan warga sekitar. Seperti diketahui, revitalisasi trotoar ini konsepnya tidak jauh berbeda dengan pedestrian di lokasi lain. Namun ada sentuhan religi, karena masjid bersejarah ini menjadi salah satu objek wisata religi.

Dituntaskan : Proyek pembangunan trotoar di Kawasan Masjid Kuncen, Kota Madiun ditargetkan selesai Agustus tahun ini.

Rencananya, trotoar akan dilebarkan menjadi 2,5 meter di sisi timur dan 1,5 meter di sisi selatan. Pun, ada tambahan utilitas. Seperti pohon, lampu, payung dan kursi agar lebih estetik. Adapun panjang total pedestrian 900 meter.

Ketinggian trotoar rata-rata 25 sentimeter dari permukaan aspal. Lantai trotoar bermaterial granit. Pun, dilengkapi bak kontrol untuk memaksimalkan sistem drainase kawasan. Untuk merealisasikan proyek tersebut, pemkot menyediakan anggaran sekitar Rp 2,2 miliar di APBD 2023. (*)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *