Pembangunan Saluran dan Trotoar di Jalan Kapuas Alami Surplus

Pembangunan trotoar di Jalan Kapuas Kota Madiun mengalami surplus.

KOTA MADIUN (DinasPUPR) –  Peningkatan bangunan pelengkap di Jalan Kapuas, Kota Madiun terus dikebut. Hingga Rabu (7/6) lalu, pembangunan saluran dan trotoar itu sudah mencapai 19,25 persen, dari yang seharusnya 16 persen.

“Yang jelas progresnya surplus,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Thariq Megah, Sabtu (10/6/).

Adapun pembangunan saluran di Jalan Kapuas itu memliki panjang total 201 meter dengan lebar 1,5 meter. Dirinya optimis, pembangunan bisa selesai tepat waktu.

“Tapi kita upayakan untuk selesai lebih awal,” tambahnya.

Seperti di titik lain, pembangunan saluran menggunakan box culvert. Saat ini, pekerjaan sudah mulai pemasangan box culvert. Thariq menambahkan saluran di Jalan Kapuas sengaja dilebarkan agar dapat menampung air hujan.

“Sesuai arahan pak wali (walikota.red), saluran juga berfungsi sebagai dukting, dan di setiap sepuluh meter ada resapan,” tambahnya.

Thariq menyebut pembangunan saluran juga tengah berlangsung di sejumlah titik lain. Salah satunya di Jalan Mayjend Sungkono. Saluran di titik tersebut juga dilebarkan dan menggunakan buis beton bertulang (RCP). Thariq menyebut lebar saluran minimal dapat dimasuki satu orang dewasa agar aliran lancar, dan pembersihan saluran dapat dilakukan dengan mudah. (*)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *