DPUPR Tambah Replika Kereta Shinkansen di Sumber Wangi

Mulai Digarap : Replika Kereta Shinkansen akan melengkapi kawasan Sumber Wangi.

KOTA MADIUN (DinasPUPR) – Pemkot Madiun melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) terus menambah fasilitas publik untuk mendukung kawasan wisata di jantung kota. Terbaru, yaitu menambah replika kereta cepat Shinkansen di kawasan Sumber Wangi, tepatnya di sisi selatan replika patung Merlion.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) DPUPR Kota Madiun, Suyanto mengatakan, replika kereta cepat itu nantinya dibuat mirip seperti Shinkansen yang ada di Jepang. Hanya, replika tersebut hanya terdapat satu gerbong dan lokomotifnya lancip seperti kereta aslinya, berwarna putih.

“Itu nanti sesuai arahan pak walikota untuk galeri penghargaan pemkot. Jadi konsepnya ada rak untuk tempat pajangan trophy maupun piagam yang dimiliki Pemkot,” ujarnya, Selasa (6/12).

Menarik : Pengerjaan kerta Shinkansen ditarget rampung pertengahan bulan ini.

Bukan tanpa alasan, trophy dan piagam penghargaan itu dipajang agar warga mengetahui keberhasilan maupun prestasi yang diraih pemkot selama ini tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat. Sehingga keberadaan replika itu selain sebagai ajang edukasi, juga dapat dijadikan spot wisata baru.

Adapun replika kereta Shinkansen tersebut memiliki panjang 10 meter dengan lebar dan tinggi masing-masing 3 meter. Suyanto menegaskan anggaran pembangunan pelengkap saluran Sumber Umis berupa pengadaan replika kereta Shinkansen itu sekitar Rp199,5 juta. Penyedia jasanya ialah CV. Swadiri dan pengerjaannya ditargetkan selesai pertengahan Desember ini.

“SPK-nya 1 November, kami targetkan sebelum pertengahan bulan ini sudah tuntas dikerjakan,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *